Hari pertama kuliah Kecakapan Antar Personal atau sering disebut KAP, terbayang akan sangat tegang. Di lihat dari penampilan dosen yang rapi dan profesional membuat saya dan temen-temen lain sedikit mengkerut. “Wow,,, sebentar lagi ada mandat untuk meniru style beliau nih brow”.

Beliau adalah Bapak Lucky B Pangau S. Sos, MM dosen matakuliah KAP. Penampilan yang rapi, professional, dan terlihat tegas menjadi ciri khas sendiri di mata saya. Terlepas dari penampilan beliau, beliau adalah seorang dosen motifator bagi mahasiswanya. Dari cara beliau berbicara dan menyampaikan silabus materi kuliah sangat santai dan nyaman didengar. Salut deh, saya belum bisa seperti itu.

“KALIAN BUKAN SUPERMAN TAPI SUPERTEAM”. Itu salah satu kata motivasi beliau yang masih teriak di memori otak saya. Kata-kata yang membangkitkan semangat kebersamaan, semangat gotong royong, dan menjunjung pluralitas. 5 penggalan kata tersebut mengandung arti: jangan sombong, kita sebagai manusia belum tentu bisa melakukan sesuatu sendiri. Kita tidak hidup sendiri, ada orang lain yang ikut numpang hidup bersama kita. Susah, senang, berat, ringan akan terasa harmonis jika dilakukan bersama-sama.

“KALIAN TIDAK SALAH KULIAH DI SINI (UPY) KARENA ITU SUDAH KEHENDAK TUHAN”. Itu motivasi baru buat saya. Tidak perlu pesimis lagi. Dimanapun kita belajar, dan apapun bentukya itu sudah merupakan kehendak Tuhan. Dan saya yakin dari sini saya akan meraih cita-cita saya. Amin.

Selepas coretan di atas ada sedikit catatan yang dapat saya tangkap tentang mata kuliah Kecakapan Antar Personal (KAP). KAP adalah kemampuan untuk bersosialisasi agar hubungan antar individu menjadi baik. Kemampuan berinteraksi tersebut meliputi: Kemampuan berkomunikasi, presentasi, diskusi, negoisasi, mempengarui orang lain, menjalin hubungan baik antar manusia dan memotivasi diri dan orang lain. KAP membahas tentang: mempelajari kemampuan diri sendiri, mengajarkan memahami orang lain, mengembangkan kemampuan kerjasama tim, menyiapkan manajemen diri serta mempelajari sifat dan model kepemimpinan.

0 comments:

Posting Komentar

 
Mbah Jass © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top