PPI adalah singkatan dari "Programmable Peripheral Interface". PPI ini berbentuk sebuah IC 40 pin. PPI merupakan interface yang bisa diprogram dan dapat digunakan sebagai input maupun output ataupun dua-duanya. PPI memiliki 3 port, masing-masing memiliki 8 terminal yaitu port A, B dan C (port C dapat terbagi atas 2 yaitu port C upper 4 terminal dan port C lower 4 terminal). Masing-masing port ini dapat berfungsi sebagai Input atau Output, termasuk port C upper dan lower difungsikan sama atau beda. Fungsi ini terbentuk dari kondisi data bus yang diprogram. Konfigurasi fungsi dari 8255 diprogram oleh sistem software sehingga tidak diperlukan komponen gerbang logika eksternal untuk perangkat peripheral interface.

FUNGSI PIN PADA PPI 8255
PA0-PA07
Port A yang terdiri dari  8 bit, dapat diprogram sebagai input atau output dengan mode  bi-directional input/output.
PB0-PB7
Port B dapat diprogram sebagai input /output, tetapi tidak dapat digunakan sebagai port bi-directional.
PC0-PC7
Port C ini dapat diprogram sebagai input/output. Bahkan dapat dipecah menjadi 2 yaitu CU( bit PC4-PC7) dan CL (bit PC0-PC3) yang dapat diprogram sebagai input/output.
RD dan WR
Sinyal control aktif rendah ini dihubungkan  ke 8255.  RD digunakan untuk membaca data di PPI 8255 dan WR digunakan untuk menuliskan data ke PPI 8255
RESET
Pin aktif tinggi ini digunakan untuk membersihkan control register.  Ketika RESET diaktifkan, seluruh port diinisialisasi sebagai port input.
CS (CHIP SELECT)
Pada saat CS memilih chip, A0 dan A1 yang memilih port tertentu. 3 pin ini digunakan untuk mengakses port A, B atau C, atau control register. 

MODE OPERASI PADA PPI 8255
Mode 0 - Basic Input/Output 
Mode yang paling sederhana, di mana semua port dapat diprogram sebagai input/output. Pada mode ini seluruh bit sebagai output atau input, tidak ada bit yang dapat dikontrol secara individual. Peralatan luar yang dihubungkan selalu siap untuk mengirimkan/menerima data, sehingga mode ini tidak tergantung pada waktu.
Mode 1 - Strobe Input/Output
Mode ini digunakan untuk peralatan luar yang mempunyai data valid pada saat – saat tertentu, sehingga diperlukan sinyal-sinyal pemicu (strobe) pada I/O agar data segera dapat dikirim, sehingga mode ini tergantung pada waktu. Pada mode ini port A dan port B bisa ditentukan sebagai port masukan atau keluaran data, sedangkan port C berfungsi sebagai pembawa sinyal status.
Mode 2 - Bidirectional Bus
Mode ini mampu mengrim/menerima data dalam dua arah (bidirectional handshake data transfer). Mode ini menyebabkan port A bisa berfungsi sebagai masukan sekaligus keluaran yang dilengkapi dengan sinyal jabat tangan 5 bit dari port C sebagai kontrol port A. Mode ini tidak tersedia untuk port B. 

BLOK DIAGRAM PPI 8255


CONTROL WORD PPI 8255


CONTOH IMPLEMENTASI/APLIKASI PPI 8255
Aplikasi peraga LED
Aplikasi pengendali lampu lalu lintas
Aplikasi motor stepper yang di program untuk menggerakkan lengan robot
Aplikasi detector suhu dan cahaya
Aplikasi intelligent home controller
Pengaman Rumah PPI 8255

0 comments:

Posting Komentar

 
Mbah Jass © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top