BAB I
PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG
Pembangunan pendidikan merupakan salah satu prioritas utama dalam agenda pembangunan nasional. Pembangunan pendidikan sangat penting karena perannya yang signifikan dalam mencapai kemajuan di berbagai bidang kehidupan, seperti sosial, ekonomi, politik, dan budaya. Karena itu, pemerintah berkewajiban untuk memenuhi hak setiap warga negara dalam memperoleh layanan pendidikan guna meningkatkan kualitas hidup bangsa Indonesia sebagaimana diamanatkan oleh UUD 1945, yang mewajibkan pemerintah bertanggungjawab dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan menciptakan kesejahteraan umum. Semua warga negara Indonesia berhak mendapatkan pendidikan dan pengajaran tanpa terkecuali. Tetapi pada kenyataannya, kurang meratanya pendidikan di Indonesia terutama dalam memperoleh akses pendidikan menjadi suatu masalah klasik yang hingga kini belum terselesaikan. Namun dibalik semua itu, seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi (TI) yang semakin pesat serta sejalan dengan kemajuan teknologi jaringan dan perkembangan internet, maka munculah konsep yang kemudian terkenal dengan sebutan e-Learning. Dimana dalam hal ini membawa pengaruh pada proses transformasi pendidikan itu sendiri. Dari konvensional ke dalam bentuk digital, baik secara isi (contents) dan sistemnya.

E-Learning dengan memanfaatkan teknologi internet diharapkan mampu menjawab tantangan dan memberikan solusi dalam rangka meningkatkan dan memeratakan akses pendidikan di Indonesia yang dimana memiliki wilayah yang tersebar di berbagai daerah yang sangat berjauhan sehingga ketergantungan akan jarak dan waktu yang diperlukan untuk pemerataan dan akses pendidikan dapat diminimalisir.

Sedangkan sebelum e-Learning muncul ada banyak model pembelajaran, dan salah stunya adalah model pembelajaran konvensional yang merupakan suatu cara penyampaian informasi dengan lisan kepada sejumlah pendengar. 

RUMUSAN MASALAH
Sehubungan dengan latar belakang di atas, maka yang menjadi rumusan masalah di dalam makalah ini adalah:
  1. Apa pengertian metode pembelajaran Konvensional dan E-Learning?
  2. Bagaimana konsep metode pembelajaran Konvensional dan metode pembelajaran E-Learning?
  3. Apa keunggulan dan kekurangan metode pembelajaran Konvensional dan E-Learning?
  4. Perbedaan metode pembelajaran Konvensional dengan metode pembelajaran E-Learning
  5. Sejauh apa metode pembelajaran Konvensional dan metode pembelajaran E-Learning mampu meningkatkan pendidikan di Indonesia?
BATASAN MASALAH
Agar pembahasan isi dalam makalah ini terarah dan bisa fokus, maka makalah ini dibatasi hanya membahas tentang peran metode pembelajaran konvensional dan metode pembelajaran e-learning mampu meningkatkan pendidikan di Indonesia.


0 comments:

Posting Komentar

 
Mbah Jass © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top