Walaupun Gunung Kidul mempunyai daratan kering dan tak subur serta didominasi batuan karst, namun jangan tanya mengenai pesona alam, dianugrahi beragam potensi wisata dengan panorama yang indah meliputi daratan, serta pesisir pantai, berwisata ke Yogyakarta tak lengkap jika anda tak menyambangi salah satu tujuan wisata di Gunung Kidul, mungkin pantai kukup, pantai yang cukup asri ini akan menambah daftar informasi anda mengenai tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi di Gunung Kidul. 

Pantai ini berada di pesisir selatan Gunung Kidul, keindahan tak kalah dari pantai-pantai lainnya, jika dari pantai Baron terletak tak jauh arah timur, mengenai akses jalan cukup berliku dengan kondisi sempit hanya satu lajur, namun jalan beraspal dan cukup baik untuk di lalui, perlu di waspadai pada hari akhir pekan jalan menuju pantai baron dan kukup sering mengalami kemacetan. Pantai Kukup berada pada kawasan administratif Kecamatan Tanjungsari, terletak di ujung selatan desa Kemadang. Jarak tempuh kurang lebih 60 KM, atau 2 jam perjalanan dari kota Yogyakarta.
Pantai kukup memiliki panorama yang cukup asri, berpasir putih dengan kebersihan yang terjaga. Menikmati irama debur ombak dengan bersantai di bibir pantai nampaknya merupakan kegiatan yang umum terlihat dari para wisatawan yang datang. Mungkin jika pantai ini surut banyak juga para wisatawan terlihat menelusuri pantai hingga jauh ke tengah. Pantai ini tak begitu menjorok hingga ke dasar, walau surut namun tetap landas sehingga membentuk beberapa kolam dari karang-karang di sekitar pantai, banyak para wisatan bersama orang terdekat yang sekedar ingin tahu dan menelusuri kolam karang melihat beberapa biota laut yang terperangkap, namun juga perlu diwaspadai tinggi gelombang di Selatan Jawa dikenal cukup besar dan biasaya pada musim musim tertentu pantai ini akan sering kedatangan ubur-ubur yang memiliki sengat.
Pantai Kukup memiliki batu karang besar di kedua ujung pantai, terlintas batu karang besar di arah timur yang mengingatkan pada tempat wisata yang ada di Bali (Tanah Lot). Wisatawan dapat menelusuri dengan berjalan kaki menuju batu karang tersebut yang telah diberi jembatan yang memiliki pegangan di kedua sisi. Di tengah karang ada sebuah pondok untuk menikmati pemandangan lepas pantai selatan jawa dan indahnya sisi pantai kukup dari atas karang serta mengabadikan panorama matahari terbit. Dan ini nampaknya menjadi sisi terbaik untuk mengabadikan panorama yang ada di pantai Kukup. 
Menikmati indahnya pantai kukup tak lengkap jika tidak membeli oleh-oleh khas pantai kukup. Wisatawan dapat membeli beragam kerajinan yang ditawarkan dari gerai-gerai yang didirikan penduduk setempat, biasanya kerajinan banyak dibuat dari hasil laut, kerajinan dari cangkang kerang, dan itu bernilai jual tinggi tentunya. Dengan membeli satu atau dua kerajinan tentunya wisatawan sudah membatu perekonomian penduduk setempat.

Jika anda merencanakan liburan yang cukup lama dikawasan pantai yang ada di sepanjang pantai baron, kukup, sundak, drini, dan krakal, dikawasan gugusan pantai ini terbilang telah lengkap, dengan beragam fasilitas restoran, penginapan, parkir cukup luas dan fasilitas penunjang lainnya.


0 comments:

Posting Komentar

 
Mbah Jass © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top